Wednesday, March 7, 2007

Muhasabah Diri


1. Pernahkah kita membayangkan pd waktu benda2 angkasa diperbandingkan
Gambar di bawah adalah perbandingan ukuran antara bumi vennus,mars mercurius dan Pluto :














..
...2. Lalu bagaimanakah perbandingan antara bumi dengan planet2 yg ada dalam tata surya,
kita lihat bahwa dibandingkan dgn saturnus apalagi Jupiter bumi ibarat sebesar kelereng kecil dibandingkan dengan bola basket :














..
...3. Sekarang kita beralih ke perbandingan yg lebih besar, bagaimanakah sebenarnya perbandingan ukuran sebenarnya antara matahari (yg kita lihat setiap hari)
dgn planet2 dlm tata surya termasuk bumi
maka kita akan mendapati bumi hanya sebesar titik dibandingkan matahari, bahkan Jupiter diibaratkan hanya sebesar kelereng dibandingkan dengan bola basket












..
...............4. Lalu kita bandingkan lagi matahari dgn beberapa bintang lain yang berukuran lebih besar seperti Sirius, Pollux, dan Arcturus, disini matahari terlihat kecil sekali, Jupiter hanya sebesar titik putih yang nyaris tidak kelihatan, lalu bagaimana dengan bumi, bahkan bumi sama sekali tdk kelihatan lagi, dalam perbandingan :

5. Selanjutnya kita bandingkan ukuran Jupiter, Matahari, Sirius, Pollux, dan Arcturus dengan Antares, Betelgeuse, Aldebaran, Rigel. Antares adalah bintang ke 15 yang paling terang yang dapat dilihat dari buni, jaraknyalebih dari 1000 tahun cahaya (1 detik cahaya = 300.000 km)

kita lihat bahwa Jupiter sudah tidak terlihat lagi, sedangkan matahari hanya berukuran 1 pixel (nyaris tak terlihat)

6. Dan seperti inilah kira2 posisi kita di galaksi bima sakti,


untuk menggambarkan luas galaksi bimasakti maka kita menggunakan ukuran kecepatan cahaya (1 detik cahaya = 300.000 km), dr dasar itu pulalah kita dpt mengetahui bahwa jarak antara bumi dan bulan adalah 0,8 detik cahaya, dan jarak antara bumi dan matahari adalah 8 menit cahaya (ini berarti cahaya matahari yg kita lihat, adalah cahaya matahari 8 menit yg lalu)

Lalu bagaimana dgn galaksi bimasakti, ternyata jarak antara ujung yang satu ke ujung yang lain luar biasa jauh, dan anda tahu berapa jauh??, yaitu sekitar 100.000 tahun cahaya, yang apabila kita jadikan kilometer maka hasilnya adalah :
100.000 tahun cahaya X 365 hari X 24 jam X 3600 detikX 300.000 km
= 9,4608 ^17 atau
= 946 ribu triliun kilometer...!!!!

dapatkah kita bayangkan jarak sejauh itu, misalkan apabila kita mencoba menempuh perjalanan Galaksi Bima sakti dr satu ujung, dan kita telah menempuh jarak perjalanan sejauh 1 trliun kilometer, maka kita membutuhkan jarak yang sama sebanyak 945.999 kali lagi untuk sampai di ujung yang lain.

Lalu bagaimanakah apabila dibandingkan dengan alam semesta??, sebagai gambaran bahwa di alam semesta terdapat sekitar 300 milyar galaksi yang masing2 terdiri dari 300 milyar bintang (bervariasi), dan nampaknya penemuan2 galaksi2 baru akan terus terjadi, galaksi kita yang luasnya 900ribuan triliun kilometer, pun tak lebih dari setitik debu atau bahkan jauh2 lebih kecil dari itu dibandingkan keseluruhan alam semesta

pertanyaannya sampai seberapa luaskah alam semesta ini?? ,
informasi terakhir menyebutkan bahwa teleskop hubble berhasil mendapat citra gambar obyek luar angkasa (galaksi) terjauh sementara yaitu pd jarak 15 milyar tahun cahaya...
Citra gambarnya adalah bagian dari masa lalu galaksi tsb 15 milyar tahun yang lalu, mungkin galaksi tersebut saat ini telah musnah, sedang yg kita liat adalah obyek yg kita liat 15 milyar tahun yg lalu

Mungkinkah alam semesta dgn segala keteraturannya tercipta secara kebetulan??
Apabila tidak mungkin, lalu siapakah yg menciptakannya?
dialah Allah SWT Tuhan pencipta Alam semesta, beserta segala isinya
Alquran sendiri isinya sgt sesuai dgn pengetahuan IPTEk, bahkan telah mengungkap hal2 yg sbenarnya blm terungkap... (liat link keajaiban Alquran)

Lalu siapakah kita..???
Beberapa mobil mainan diletakkan di atas bola yang menggelinding berputar di lantai. mobil2 mainan itu pun berjatuhan dan terpental dr bola. Begitulah kira2 keadaan manusia dan segala yg ada di bumi yg berputar melakukan rotasi dan revolusi, gaya gravitasi dgn komposisi yg tepatlah yg menahan kita agar tdk terpental dr bumi ke luar angkasa .

lihatlah pergerakan rotasi bumi kita.....



Pernahkah kt memikirkan bagaimana kita berdiri di atas bumi kita ini..??
mengapa sistem ini bekerja dgn begitu sempurna, sampai kita tdk merasakannya..??
Tidak hanya itu, semua yg ada di alam semesta mulai dari yg terkecil semisal atom, electron dan proton sampai yg terbesar galaksi2 hingga alam semesta semuanya memiliki kemiripan gerakan, yaitu mereka berputar mengelilingi pusatnya/bertawaf..
- apabila bumi berotasi memakan waktu 24 jam
- bulan mengelilingi bumi memakan waktu 1 bulan
- bumi mengelilingi matahari memakan waktu 12 bulan
- maka berapakah lamanya waktu matahari beserta tatasurya untuk sekali berputar mengelilingi pusat galaksi bimasakti…???
yaitu selama 220 juta tahun, dan kecepatan matahari beserta tatasurya termasuk bumi mengelilingi pusat galaksi adalah 720 ribu km per jam, dan apabila kita lihat maka pergerakannya sama persis dgn pergerakan jamaah haji yg sedang melakukan tawaf
- Galaksi Bimasakti beserta ratusan miliar bahkan trliunan galaksi lainnya pun melakukan gerakan yg serupa, mengelilingi pusat alam semesta
Lantas, kenapa kita bisa ada, berdiri disini, pdahal sebelumnya 20-an tahun yang lalu kita tidak ada??
Apakah tujuan hidup kita?, mau kemana kita..?
sekarang.., sudah brp lama kita tdk menyadari kekuasaan Allah ...
sudah brp lama kt tdk menyadari keesaan Allah ...
sdh berapa lama kt berjalan di muka bumi dgn dagu terangkat ...
sdh berapa lama kt berjalan di muka bumi terbahak2 ...
tdk sadar bahwa bumi ini sedang bertasbih, tdk sadar bahwa matahari dan seluruh yg ada di alam semesta sedang bertawaf

Apa yang membuat hidup kita, manusia, berharga?
Masihkah kita bisa menepuk dada & berkata "Inilah aku!"...??

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Al Israa'44)
.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali 'Imran190)

Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. (AL BAQARAH ayat 107)

Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia. (AL BAQARAH ayat 117)

Dan Dialah Allah (yang disembah), baik di langit maupun di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan dan mengetahui (pula) apa yang kamu usahakan. (Al An'aam ayat 3)


Pictures are taken from : www.myquran.org , Harun Yahya and various sources

No comments: